I AM A CONSULTANT


(indonesian version below this)
Actually, I’m not confident to say this because I don’t know it is true or not. Either it’s good or bad for me, I’m still curious that am I appropriate to be a consultant?. According to one of personality test or psychological test, I got ESFJ-T as a result. Another question appears then. What is ESFJ-T? What is the relation between this result and consul? Have I realized that I has been a consultant? Is this great for me or not?
At that time, I opened this website in my mobile phone when one person suggested me to do the test. Then I did the test with a lot of questions including how I socialize, how I behave to others, how I work in team or individually, how I solve the problem, and so on. By the end, the result released in my screen with many comparative percentage in each item. Yah, as mentioned I am ESFJ-T. This is specifically gone down into a detail : Extrovert 85%, observant 58%, feeling 69%, and judging 54%. This result reflects to how I interact with others, where I direct my mental energy, how I make decisions coping with emotions, and what is my approach and planning to work. This might be really helpful for me to recognise myself. Again, what is the exact connection for this to become a consultant.
The aforementioned specific data definitely results in the answer that it is easy for me to encourage, to support, and to strengthen one another. My positive energy expressed to others will be perceived at all. That is the explanation why I am regarded as that profession. Indeed, I am easy-going person in which I am not difficult to socialize, so I got the astonishing result as an extrovert (85%). However, 69% in feeling was quite surprised me, and made me conscious that I often put my feeling to treat other people. Yah, I admit it, so this, perhaps, makes me suitable to be a consultant. In fact, there are many individuals in this category. Data reported that 12% of population worldwide are ESFJ-T people.
In my personal experience, I usually get involved in people’s problem and overcome their problems. I always come up with some viable solution. Perhaps, because I am extrovert, so I am easy to be involved in this situation. However, I am frankly not aware that I has been a consultant. My friends just told me that I can be reliable and trustworthy maybe due to the fact that I always help them get out of their problems. Unfortunately, while I am usually easy tackle their problems, I am hard to solve my own problems. Hmm, this may be the negative side of this fact. Even though I have much power to support others,  I cannot even motivate myself. Probably, I need someone who has the same capability for problem solving. Therefore, I am too good to be a consultant because I always put others first then myself, so it may be beneficial for the others but not for me hihi.
So guys, I advise you as well to do that test. Recognize yourself! And put your life in the right place. Cheers ^_^

visit the website personality test in this link

Lets conquer the world. Makkuasa
Ig: alim_mursyid


translating in indonesia :

Saya seorang konsultan.
Sebenarnya, saya tidak percaya diri untuk mengatakannya karena saya tidak tahu itu benar atau tidak. Entah itu baik atau buruk buat saya, saya masih penasaran bahwa pantaskah saya menjadi seorang konsultan ?. Menurut salah satu tes kepribadian atau tes psikologi, saya mendapatkan ESFJ-T sebagai hasilnya. Pertanyaan lain muncul kemudian. Apa itu ESFJ-T? Apa hubungan antara hasil tes ini dan seorang konsultan? Sudahkah saya menyadari bahwa saya telah menjadi konsultan? Apakah ini bagus untuk saya atau tidak?
Saat itu, saya membuka situs ini di ponsel saya ketika seseorang menyarankan saya untuk melakukan tes ini. Lalu saya melakukan tes dengan menjawab banyak pertanyaan termasuk didalamnya bagaimana saya bersosialisasi, bagaimana saya bersikap terhadap orang lain, bagaimana saya bekerja dalam tim atau secara individu, bagaimana saya menyelesaikan masalah, dan seterusnya. Pada akhirnya, hasilnya dirilis di layar handphone saya dengan banyak persentase komparatif pada setiap item. Yah, seperti yang saya sebutkan saya adalah ESFJ-T. Hal ini secara khusus diturunkan menjadi detail: Extrovert 85%, observer 58%, merasa 69%, dan menilai 54%. Hasil ini mencerminkan bagaimana saya berinteraksi dengan orang lain, di mana saya mengarahkan energi mental saya, bagaimana saya membuat keputusan untuk mengatasi emosi, dan bagaimana pendekatan dan perencanaan saya untuk bekerja. Ini mungkin sangat membantu saya untuk mengenali diri saya sendiri. Sekali lagi, apa hubungan in semua dengan menjadi seorang konsultan.
                    Data spesifik yang disebutkan di atas menghasilkan jawaban bahwa terlihat mudah bagi saya untuk mendorong, mendukung, dan menguatkan orang lain. Energi positif saya yang disebarkan kepada orang lain akan dirasakan orang lain. Itulah penjelasan mengapa saya dianggap sebagai profesi itu. Memang, saya orang yang mudah bergaul dimana saya tidak sulit bersosialisasi, jadi saya mendapat hasil yang menakjubkan sebagai seorang ekstrovert (85%). Namun, perasaan 69% cukup mengejutkan saya, dan membuat saya sadar bahwa saya sering menaruh perasaan untuk memperlakukan orang lain. Yah, aku mengakuinya, jadi ini, mungkin, membuatku cocok menjadi konsultan. Sebenarnya, ada banyak individu dalam kategori ini. Data melaporkan bahwa 12% populasi di seluruh dunia adalah orang ESFJ-T.

Dalam pengalaman pribadi saya, saya biasanya terlibat dalam masalah orang lain dan mengatasi masalah mereka. Saya selalu datang dengan beberapa solusi yang tepat. mungkinm larena saya seorang yang extrovert, jadinya saya mudah dilibatkan dalam situasi ini. Namun, sejujurnya, saya tidak sadar bahwa saya sudah menjadi seorang konsultan berdasar pada apa yang sudah saya lewati selama ini. Teman-teman saya baru saja mengatakan pada saya bahwa saya adalah orang yang dapat dipercaya, yah mungkin karena saya selalu membantu mereka keluar dari masalah mereka. Sayangnya, sementara saya biasanya mudah mengatasi masalh mereka, saya justru sulit menyelesaikan masalah saya sendiri. yah, ini mungkin adalah sisi negatif dari fakta ini. Meskipun saya memiliki banyak kekuatan untuk mendukung orang lain, saya bahkan kekurangan kekuatan untuk meotivasi diri sendiri. Yah mungkin, saya membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan yang sama untuk memcahkan masalah saya. oleh karena itu, saya terlalu baik untk menjadi seorang konsultan hehe, karena pada dasarnyya saya selalu mengutamakan orang lain terlebih dulu. Jadi itu mungkin terdengar lebih bermanfaat bagi orang lain dan tidak untuk bagi saya. hihi, so guys saya sarankan untuk melakukan test yang sama dulu, kemudian kenali diri anda, dan tentukan dunia yang tepat untuk kalian guys. 

kunjungi website ini untuk mendapatkan test yang sama
http://16personalities.com

jika teman-teman ada saran ataupun komentar untuk tulisan ini silahkan comment dibawah, jangan sungkan guys, mungkin anda tidak setuju dengan pendapat saya, ataupun ingin menyarankan sesuatu, i truly appreciate it guys. thanks

   

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Sejati Dalam Speaking

TRIK CEPAT MENYELESAIKAN PERKALIAN 11