TRIK CEPAT MENYELESAIKAN PERKALIAN 11



Hari ini aku ingin share salah satu trik mudah dalam aritmatika, yaitu cara cepat menaklukkan perkalian sebelas. Meskipun ini hanya sebagian kecil dari proses penghitungan yang harus kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari, namun ini pastinya cukup bermanfaat buat teman-teman. Saran aku sih, sebelum mempelajari banyak hal tentang aljabar dan beberapa banyak hal di dunia matematika yang luas seperti matemtika abstrak dan lain sebagainya, sebaiknya kita banyak menguasai dulu trik-trik dalam menaklukkan aritmatika.
Trik Sebelas biasa dipakai saat menentukan hasil perkalian angka dua digit dengan angka 11. Dengan metode ini kamu dapat mengerjakan soal yang berkaitan perkalian dengan angka 11 secara praktis.
Kamu hanya perlu menuliskan angka pertama, lalu sisipkan penjumlahan dari kedua digit angka tersebut, setelah itu tuliskan angka terakhir, contoh:
Menghitung biasa:
35 x 11 = 385
Menggunakan Trik Sebelas:
3 (3+5) 5 = 385
Lalu, bagaimana jika hasil dari pertambahan tersebut memiliki hasil berupa 2 digit bukannya 1 digit? Berikut penyelesaiannya, contoh:
Menghitung Biasa:
89 x 11 = 979
Menggunakan Trik Sebelas:
89 = 8 (8+9) 9 = 8 (17) 9 = (8 + 1) 79 = 979
Penjelasan:
Dapat dilihat, bahwa hasil dari 8 + 9 = 17, yang mana memiliki 2 digit angka, bukannya 1 digit. Maka dari itu, setelah kamu menjumlahkan seperti 8 + 9 = 17 yang mana memiliki hasil 2 digit, maka kamu pindahkan angka depan hasil tersebut, yakni 1 lalu tambahkan dengan 8, sedangkan angka 7 tersebut disisipkan di tengahnya.
Jadi (8 + 1) 79 =979. Sudah mengerti?

lets conquer the world. #Makkuasa
follow me in instagram to get more information about me!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

I AM A CONSULTANT

Mengatasi masalah dengan Gerund dan To Infinitive